Tutup di RI, Pesaing Gojek-Grab Cuan Besar di Luar Negeri

Tutup di RI, Pesaing Gojek-Grab Cuan Besar di Luar Negeri

FILE PHOTO: The logo of Uber is seen on an iPad, during a news conference to announce Uber resumes ride-hailing service, in Taipei, Taiwan April 13, 2017. REUTERS/Tyrone Siu/File Photo

Raksasa transportasi online Uber meraih untung besar. Perusahaan yang telah angkat kaki dari Indonesia tersebut berhasil membukukan pendapatan tahunan yang tumbuh positif untuk pertama kalinya setelah go public tahun 2019 lalu.

Uber juga telah mengumumkan pembelian kembali saham perusahaan US$7 miliar untuk pertama kalinya.

“Pembelian kembali saham pertama kami hari ini merupakan bentuk kepercayaan pada momentum keuangan perusahaan yang kuat,” kata CFO Prashanth Mahendra Rajah, dikutip dari Reuters, Kamis (15/2/2024).

Uber mencatatkan arus kas bebas sebesar US$3,4 miliar pada tahun 2023. Jumlah tersebut naik US$390 juta dari tahun sebelumnya.

Pendapatan positif https://hellokas.store/ bagi perusahaan berbagi kendaraan itu terjadi setelah periode Covid-19 usai. Pandemi yang menutup banyak bisnis juga berdampak besar pada industri tersebut.

Setelah pandemi, semakin banyak orang beraktivitas di luar rumah dan kembali ke kantor. Pada akhirnya berdampak pada pendapatan Uber tahun lalu.

Keuntungan yang didapatkan ini juga mendorong valuasi perusahaan menjadi lebih dari US$150 miliar. Analis investasi AJ Bell, Dan Coatsworth ikut angkat bicara soal hasil positif Uber.

Dia mengatakan Uber bukan lagi startup yang hanya menghabiskan uang. Namun perusahaan membuktikan bisa menghasilkan keuntungan.

“Dividen mungkin akan mengikuti tren, namun sekarang dengan adanya buyback Uber bukan lagi startup teknologi yang menghabiskan uang tanpa memberikan keuntungan,” jelasnya.

Uber resmi keluar dari Indonesia pada tahun 2018. Saat itu, usahanya di tanah air dijual ke raksasa lainnya Grab.

Keluarnya Uber juga membuat mitra pengemudi berpindah ke Grab. Namun ada juga yang pindah ke Gojek, perusahaan ride sharing asal Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*