Ngeri! Suhu Panas di Daerah RI Ini Sempat Tembus 37,2 C

China diterjang gelombang panas. (China News Service via Getty Ima/China News Service)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa suhu panas di Indonesia yang terjadi belakangan ini bukan lah gelombang panas seperti yang terjadi di sejumlah negara Asia, seperti India, Myanmar, Bangladesh, maupun China, Thailand dan Laos.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, https://hokijackpot.online/ suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Kendati demikian, dia menyebut, suhu maksimum di Indonesia pernah mencapai 37,2 derajat Celsius. Adapun suhu panas tersebut sempat terjadi di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada pekan lalu, tepatnya 17 April 2023.

“Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36°C di beberapa lokasi,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (25/04/2023).

Dia menjelaskan, variasi suhu maksimum 34°C – 36°C untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November,” ucapnya.

Seperti diketahui, semenjak pekan lalu hingga hari ini, Badan Meteorologi di negara-negara Asia telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40°C dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Badan Meteorologi China (CMA) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di China mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamatan instrumen untuk bulan April ini. Di Jepang “panas yang luar biasa” juga teramati dalam beberapa hari terakhir.

Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 C pada 17 April 2023. Sedangkan 10 kota terpanas di Asia lainnya terjadi sebagian besarnya berada di Myanmar dan India.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*