Menpora Antar Surat Resign ke Mensesneg, Senin Bertemu Jokowi

Presiden Joko Widodo menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 1 November 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Dalam kesempatan itu, Zainudin menyerahkan surat permohonan pengunduran diri dari posisi sebagai menpora.

“Tentu ini masih berupa surat, memang saya harus bertemu bapak presiden, cuma karena sekarang beliau tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin bertemu dengan beliau,” ujarnya.

“Jadi teman-teman kan menanyakan kapan nganter suratnya, hari ini tanggal 9 Maret, Kamis, saya serahkan,” lanjutnya.

Zainudin meminta kepada semua pihak menunggu keputusan kepala negara. Apakah permohonan itu disetujui.

“Kan keputusannya ada di bapak presiden,” kata Zainudin.

Kepada wartawan seusai membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/3/2023), Jokowi mengaku belum menerima surat pengunduran diri Zainudin. Dia berencana terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

“Belum. Sampai saat ini belum ada surat ke pak menteri sekretaris negara dari pak menpora. Belum ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan pengganti Amali belum dapat diproses.

“Suratnya saja belum ada, kok mengganti,” katanya.

Per 21 Februari 2023, Jokowi menyebut Amali sudah mundur dari jabatannya secara informal.

“Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah,” ujar Jokowi kepada wartawan usai meninjau titik normalisasi Kali Ciliwung di Jakarta.

Sehingga mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku belum menyiapkan nama pengganti menpora, karena menunggu yang bersangkutan mundur secara resmi dari jabatannya.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara,” kata Jokowi.

Beberapa waktu lalu, Zainudin juga tidak menjawab secara tegas ketika ditanya mengundurkan diri dari jabatanya, pascaterpilih sebagai Wakil Ketua Umum I dalam Kepengurusan PSSI Periode 2023 – 2027 di bawah komando Erick Thohir. Dia hanya menyampaikan laporan kepada presiden untuk fokus mengurus sepak bola Indonesia.

“Dan beliau menyerahkan kepada saya. Karena saya menyampaikan kepada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan kepada bapak presiden, bapak saya akan fokus dan konsentrasi sepak bola menjadi pengurus PSSI,” ujar Zainudin.

“Dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus ke sepakbola,” lanjutnya.

Saat ditanya apakah dirinya mundur dari jabatan menpora hari ini, Zainudin tidak menjawab tegas.

“Sudah jangan dijelasin panjang-panjang lagi itu, masa kalian tanya lagi itu, jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick, Ibu Ratu Tisha, dan teman-teman exco,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*