Jacob Rothschild Bankir Kondang Tutup Usia, Begini Sepak Terjangnya

Jacob Rothschild Bankir Kondang Tutup Usia, Begini Sepak Terjangnya

Lord Jacob Rothschild speaks at an event marking the signing of an agreement between the state libraries of Israel and Russia, whereby one of the most treasured collections of ancient Hebrew manuscripts and books will be digitised and available for public view online, at the National Library of Israel in Jerusalem November 7, 2017. REUTERS/Ronen Zvulun/File Photo

Jakarta – Bankir ternama Inggris Jacob Rothschild saja tutup usia. Ia meninggal di usia ke-87 tahun.
Kabar meninggalnya Rothschild disampaikan keluarga dalam sebuah pernyataan kepada Asosiasi Pers Inggris. Mereka menyebut sebagai kehadiran besar dalam kehidupan banyak orang.

“Seorang pemodal yang berprestasi luar biasa, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai negeri yang setia, seorang pendukung amal di Israel dan budaya Yahudi, seorang pecinta lingkungan dan teman, ayah dan kakek yang sangat dicintai,” kata keluarga dikutip dari Reuters, Selasa (27/2/2024).

Rothschild lahir di Inggris pada 1936. Ia memulai kariernya di bank keluarga NM Rothschild & Sons pada 1963. Kemudian, ia menjadi salah satu pendiri J Rothschild Assurance Group yang kini menjadi manajer kekayaan St James’s Place berbasis di London.

Dia terlibat dalam banyak bisnis, termasuk mendirikan lembaga investasi RIT Capital Partners, yang telah mendukung berbagai perusahaan, mulai dari dana lindung nilai (hedge fund) hingga perusahaan rintisan (startup) teknologi ramah lingkungan. Rothschild juga dikenal sebagai pelindung seni sejak lama. Ia merupakan wali Galeri Nasional Inggris antara 1985 dan 1991.

Waddesdon Manor, sebuah kawasan pedesaan Inggris yang dikelola oleh Rothschild Foundation menyatakan di X bahwa pihaknya dan yayasan sangat sedih atas kepergian Rothschild. Mereka menyebut Rothschild sebagai pengusaha, dermawan, dan pemimpin budaya.

Sementara dikutip dari Associated Press, keluarga Rothschild diperkirakan memiliki kekayaan sekitar 825 juta poundsterling (US$ 1 miliar) menurut Sunday Times Rich List tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*