Harta Elon Musk Mendadak Lenyap Rp 194 T, Ini Biang Keroknya

Tesla and SpaceX Chief Executive Officer Elon Musk listens to a question as he speaks at the SATELLITE Conference and Exhibition in Washington, Monday, March 9, 2020. (AP Photo/Susan Walsh)

Harta Elon Musk lenyap US$ 12,6 miliar atau setara Rp 194 triliun dalam semalam. Saat ini, harta kekayaan Musk terpantau di angka US$ 163 miliar.

Dengan duit segitu, ia masih menempati posisi sebagai orang terkaya kedua di dunia, dikutip dari Insider, Jumat (21/4/2023).

Meski demikian, ini menandai berkurangnya harta Musk dengan signifikan sepanjang sepak terjangnya sebagai pengusaha

Penyebabnya hilangnya harta Musk dipicu 2 insiden beruntun yang menimpa 2 perusahaan miliknya, SpaceX dan Tesla.

Pertama, roket raksasa SpaceX meledak setelah 4 menit mengudara. Roket tersebut diterbangkan dalam tahap uji coba.

Menanggapi hal tersebut, Musk justru terlihat santai. Ia mengunggah kicauan yang memberikan ‘selamat’ kepada semua kru dan mengatakan ini sebagai pembelajaran berharga.

Kedua, laporan keuangan Tesla tak begitu seksi. Saham perusahaan otomotif tersebut anjlok 4 persen. Pendapatan bersihnya juga turun 24% menjadi US$ 2,51 miliar (Rp 37,5 triliun). Dalam pemaparannya di hadapan investor, Tesla menjabarkan beberapa alasan profitnya longsor.

Salah satunya karena pembangunan fasilitas pabrik baru yang saat ini belum aktif melakukan kegiatan produksi. Selain itu, meningkatnya harga bahan baku, biaya logistik dan garansi yang naik, serta rendahnya pendapatan dari kredit lingkungan, berkontribusi terhadap turunnya pendapatan perusahaan.

CEO Tesla, Elon Musk, mengatakan bahwa kondisi makroekonomi yang tak menentu juga menjadi alasan menurunnya minat beli masyarakat. Ia juga memprediksi badai ekonomi ini akan berpengaruh selama 12 bulan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*