Bocoran Terbaru Jalur KA Cepat Jakarta-Surabaya, Ternyata Lewat Sini

Bocoran Terbaru Jalur KA Cepat Jakarta-Surabaya, Ternyata Lewat Sini

Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung. (Dok. KCIC)

Rencana pengembangan kereta cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya semakin santer. Perpanjangan proyek ini dalam tahap persiapan.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC)  Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan berdasarkan rencana pembangunan dilakukan bertahap, tak langsung ke Surabaya.

Ia mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bisa melewati Yogyakarta sebagai bagian dari pembangunan fase I. Hal ini dengan pertimbangan waktu serta biaya pembangunan kereta cepat.

“Kita punya https://38.180.114.193/ banyak pengalaman dari JKT-Bandung, mestinya lebih oke, lah, untuk extend ke Yogya dan Surabaya,” katanya dikutip dari detikcom, Jumat (26/1/2024).

Meski jalurnya akan melewati Jogja, apakah sudah ada trasenya?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  belum bisa memastikan trase kereta cepat Jakarta-Surabaya apakah akan melintasi sisi utara Pulau Jawa atau selatan Pulau Jawa.

Menurut paparannya kepada CNBC Indonesia, Senin (22/1/2024) berdasarkan pengalaman trase Jakarta-Bandung yang banyak menembus pegunungan, sehingga banyak membuat terowongan, konsekuensinya biaya semakin membesar. Untuk itu, ke depan trase kereta cepat rencananya akan mengikuti trase yang sudah ada, baik jalur tol maupun berdampingan dengan trase rel konvensional yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*