Begini Nasib 10 Bijuu dan Jinchuuriki dari Naruto di Boruto

Bijuu telah menjadi bagian inti di Naruto dan begitu juga wadah mereka atau Jinchuuriki. Di Boruto, Bijuu telah dibebaskan dari wadah mereka. Meski begitu, nasib para Bijuu dan Jinchuuriki-nya terus menjadi topik bahasan. Boruto berusaha menghidupkan kembali Juubi. Namun, serial itu belum menyinggung keberadaan Bijuu lainnya, selain Kurama atau Kyuubi. Dengan mempertimbangkan sifat Boruto yang suka melemahkan karakter di Naruto, bukan tidak mungkin kalau Bijuu lain juga akan dibahas di serial ini. Bangkitnya Juubi membuat rasa penasaran pada Bijuu lainnya pun semakin meninggi. Dengan Bijuu menjadi kunci cerita Naruto, bukan hal yang mengejutkan kalau Boruto pun akan mengangkat makhluk itu di serialnya. Tapi, Boruto dikenal suka melemahkan karakter dari Naruto. Apa yang akan dilakukan Boruto terhadap Bijuu tentu menarik untuk dinantikan. Jadi, bagaimana nasib Bijuu dan para Jinchuuriki-nya di Boruto sejauh ini? Simak ulasannya berikut!

1. Shukaku

Hubungan Gaara dan Shukaku awalnya sulit, tapi perlahan, mereka bisa saling memahami. Shukaku dipaksa diambil dari Gaara di busur Misi Penyelamatan Kazekage di Naruto Shippuden. Setelah dibebaskan dari penjara Juubi dan Chibaku Tensei Sasuke, Shukaku pun bebas dari Gaara dan merdeka. Di Boruto, Shukaku melanjutkan hubungan dan komunikasi telepatinya dengan Gaara dan Naruto. Shukaku bahkan sempat disegel di sebuah teko teh ini sebagai versi kecilnya saat busur Pengawal Shukaku. Dia masih aktif hingga Busur Kawaki, dengan kebenciannya kepada manusia punah berkat usaha Gaara dan Naruto.

2. Matabi

Matabi ditangkap Akatsuki di Naruto Shippuden. Wadahnya saat itu, Yugito Nii, dibunuh. Setelah bertemu Naruto dan Kurama, Matabi membantu melawan Madara dan kemudian disegel di Juubi. Matabi kemudian dibebaskan dan dia pun bebas. Tapi, Matabi menolak bantuan dari manusia ketika Urashiki Otsutsuki tiba. Dia taku akan ditangkap dan dieksploitasi lagi. Meski Matabi muncul untuk memberikan penghormatan terakhir ketika chakra Kurama menghilang, dia hidup dengan bebas di Boruto.

3. Isobu

Isobu adalah salah satu Bijuu yang terkait banyak orang penting bagi plot cerita serial ini. Yang pertama adalah Kirigakure yang menyegel Isobu ke tubuh Rin Nohara sebagai kuda Trojan. Tapi, itu gagal setelah Rin membunuh dirinya sendiri dengan memanfaatkan Kakashi Hatake. Wadah berikutnya bagi Isobu adalah Yagura, Mizukage Keempat. Sayangnya, Yagura diperbudak di bawah genjutsu Obito. Ketika dia mati, Isobu pun bebas. Tapi, itu tidak lama. Setelah bertarung melawan tangan kanan Orochimaru, Kabuto, sejumlah Anbu, dan Akatsuki, Isobu lantas disegel di dalam Gedou Mazou. Setelah Perang Dunia Shinobi Ketiga, Isobu disebut telah menghilang. Tapi, dia muncul untuk mendengarkan pesan Naruto terkait Urashiki dan memberikan penghormatan terakhir kepada Kurama.

4. Son Goku

Son Goku terakhir kali disegel di tubuh Roshi dari Iwagakure. Dia membenci manusia yang mengeksploitasi kekuatannya. Seperti Bijuu lainnya, makhluk berbentuk monyet ini disegel ketika Roshi kalah melawan Kisame, dieksploitasi Obito sebagai senjata, dan dibebaskan Naruto setelah Perang Dunia Shinobi. Son Goku terbukti sangat temperamental. Tapi, pada akhirnya, dia menghormati Sannin Rikudo dan Naruto karena memperlihatkan betapa baiknya mereka saat bekerja sama dengan Bijuu mereka. Setelah perang, Son Goku kehilangan wadah. Tapi, dia masih muncul di pertemuan peringatan tentang Urashiki dan memberi penghormatan terakhir kepada Kurama.

5. Kokuou

Kokuou sangat pendiam dan sulit diajak berbicara. Di antara Bijuu lain, Kukuou benar-benar tersinggung ketika digunakan sebagai wayang Obito. Dia sangat senang ketika Naruto dan Kurama membebaskannya. Sebagai balasan, dia membantu mereka. Setelah perang, Kokuou menyatakan niatnya untuk tinggal di hutan. Dengan wadahnya, Han, tewas dan tidak ada yang ingin mengikatnya, Kokuou pun bebas melakukan apa pun yang dia mau. Ini termasuk tidak menghadiri pertemuan peringatan tentang Urashiki. Meski begitu, Kokuou kembali untuk bertemu Kurama di luar kumparan mortal.

6. Saiken

Saiken adalah makhluk mirip siput yang kali pertama terlihat bertarung melawan majikan Utakata. Pertarungan itu pecah setelah ada usaha mengekstrasinya. Saiken kemudian diserangan dan dilumpuhkan Pein Rikudo Nagato. Makhluk itu terbukti paling menjengkelkan untuk dilawan. Tapi, setelah mendapatkan kebebasan, dia membantu petarungan melawan Madara dan Obito. Setelah perang, Saiken diizinkan pensiun ke kawasan lembap dan luas. Tapi, dia masih mengiringi kematian Kurama dan diperingatkan tentang Urashiki. Saiken punya hubungan baik dengan wadahnya, Utakata.

7. Chomei

Chomei sangat periang dan bersemangat. Dia dan wadahnya, Fu, punya kepribadian yang sama dan sangat akrab. Masalahnya adalah trauma yang digunakan sebagai senjata berulang kali menjauhkan Chomei dari manusia setelah perang, terutama dengan kematian Fu. Akibatnya, Chomei adalah yang terakhir yang menolak bantuan manusia setelah Urashiki mengejar Shukaku. Dia takut dieksploitasi lagi. Meski percaya pada Naruto, dia tidak hadir dalam pertemuan Urashiki dan hanya terlihat saat chakra Kurama menghilang. Di Boruto, lokasi Chomei tidak diketahui.

8. Gyuuki

Gyuuki adalah salah satu Bijuu paling serba guna yang disegel di banyak wadah selama bertahun-tahun. Killer B adalah orang pertama yang sukses bekerja sama dengan makhluk itu, berkat dua kepribadian dan kekuatan mengagumkan B. Selain Kurama dan Naruto, Killer B dan Gyuuki awalnya tidak terserap ke Juubi. Ketika Gyuuki akhirnya tertangkap, dia menggunakan energinya untuk menyelamatkan B. Gyuuki dan Killer B akhirnya bereuni setelah perang. Mereka terus bekerja sama dengan Gyuuki berada di dalam tubuh Killer B. Serangan Momoshiki dan Kinshiki di busur Versus Momoshiki/Boruto Movie nyaris membuat mereka tewas. Tapi, berkat sejumlah tipuan, mereka berhasil selamat dan lolos dari tangkapan. Sampai saat ini, mereka masih hidup dan bersama.

9. Kyuubi

Di sepanjang Naruto dan Boruto, Kyuubi juga dikenal sebagai Kurama. Makhluk rubah raksasa berekor sembilan itu sudah menjadi bagian penting dalam hidup Naruto Uzumaki ketika dia lahir. Busur karakternya berkembang dari ancaman besar dan teman seumur hidup. Di Boruto, awalnya, Kurama mungkin hadir di latar, tapi bukan berarti dia tidak lagi penting. Di sepanjang serial ini, Kurama berteman baik dengan Shukaku, takut pada Himawari, dan jadi sayang pada keluarga Naruto. Dia bahkan muncul di hadapan Kawaki dan menjelaskan semuanya kepadanya. Kurama punya obrolan mendalam dan nostalgia dengan Naruto tentang bagaimana hubungan mereka sejauh ini. Kurama mati setelah menggunakan Baryon Mode untuk membantu Naruto membunuh Isshiki Otsutsuki. Kurama mati di Boruto, sementara Naruto kini terjebak di dimensi lain.

10. Juubi

Juubi punya peranan besar di sepanjang Naruto. Makhluk ini menjadi tujuan Akatsuki di serial tersebut. Juubi juga penting dalam konklusi Naruto dan cerita Boruto saat ini. Inkarnasi Juubi atas Shinju dan hewan tanpa akal yang ingin mengklaim ulang seluruh chakra untuk dirinya sesuai kehendak Kaguya. Wadah Juubi ada banyak, termasuk Pein Rikudo, Obito Uchiha, dan Madara Uchicha. Ketiganya sudah mati ketika cerita di Boruto mulai berkembang. Sementara Code berusaha mengumpulkan klona yang lebih kecil dan inkarnasi makhluk itu, Juubi asli hancur saat pertarungan melawan Momoshiki ketika Shinju dihancurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*