Basuki Percepat “Warisan” Bambang Susantono Kejar Investasi Rp 100 Triliun di IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).(Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).(Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani)

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan bisa meraih investasi swasta sebesar Rp 100 triliun pada tahun 2024.

Hal ini disampaikan oleh Bambang Susantono saat dirinya masih menjabat sebagai Kepala OIKN.

“Target 2024 Rp 100 triliun investasi, bisa publik dan swasta,” ujar Bambang saat ditemui di Nusantara Fair di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Namun demikian, terhitung sampai dengan groundbreaking ke-VI pada Mei 2024, investasi yang berhasil diraih masih di angka Rp 51,35 triliun.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono memastikan dirinya akan meneruskan apa yang telah digarap oleh pejabat OIKN sebelumnya.

“Makanya saya ingin mempercepat itu,” kata Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Guna mencapai target investasi tersebut, ada masalah pertanahan yang harus diselesaikan.

“Itu kemarin sudah dikerjakan juga oleh Otorita yang kemarin, tapi mentok. Tapi kita sekarang melanjutkan,” tegas Basuki.

Basuki bersama seluruh Deputi OIKN beserta Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah melakukan diskusi.

“Ternyata memang sudah diusulkan penyelesaiannya menurut Plt Wakil Kepala OIKN yakni Pak Raja Juli sebagai Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN itu harus dengan Peraturan Presiden,” tuntas Basuki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*