Amali Resign, Jokowi Tunjuk Muhadjir Jabat Menpora Sementara

Presiden Jokowi Usai Resmikan TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, 13 Maret 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kalau posisi menteri pemuda dan olahraga untuk sementara akan dijabat oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ini setelah Jokowi menerima pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

“PLT-nya pak Menko PMK,” kata Jokowi usai meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu, Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengonfirmasi sudah bertemu Zainudin tadi pagi.

“Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Sekretariat Negara, dan tadi saya sudah menyetujui,” lanjut Jokowi.

Kendati demikian, eks wali kota Solo itu belum mau membeberkan sosok yang akan menggantikan Zainudin secara permanen ke depan.Sebelumnya, Kamis (9/3/2023) lalu, Zainudin sudah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Mensesneg Pratikno.

“Tentu ini masih berupa surat, memang saya harus bertemu bapak presiden, cuma karena sekarang beliau tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin bertemu dengan beliau,” ujarnya di Kantor Kementerian Sekretariat Negara.

“Jadi teman-teman kan menanyakan kapan nganter suratnya, hari ini tanggal 9 Maret, Kamis, saya serahkan,” lanjutnya.

Pada hari ini, Zainudin sudah bertemu dengan Jokowi di Bali. Dia pun menyampaikan langsung pengunduran dirinya.

“Tadi pagi sekitar 10.30 waktu Bali, saya sudah ketemu dengan presiden dan menyampaikan, surat secara tertulis, kemudian beliau sampaikan sudah terima itu,” katanya, mengutip CNN Indonesia.

Sebelumnya Zainudin juga sudah membeberkan alasannya mundur dari posisi menpora untuk fokus dalam mengurus sepak bola Indonesia, pascaterpilih sebagai Wakil Ketua Umum I dalam kepengurusan PSSI Periode 2023-2027 di bawah komando Erick Thohir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*