7 Dorama Tentang Budaya Jepang yang Kental, dari Kisah Tradisi Keluarga – Perjalanan Seorang Pahlawan

Dorama atau drama Jepang tidak hanya memberikan hiburan dengan kisah unik dan menarik, namun beberapa drama juga memberikan unsur budaya yang kaya dan beragam. Seperti beberapa dorama tentang budaya Jepang berikut ini, yang wajib ditonton kalian pecinta dorama.

Dengan tema-tema yang mencakup tradisi, nilai-nilai, dan gaya hidup masyarakat Jepang, rekomendasi dorama ini akan memberikan kisah-kisah romantis yang berlatar belakang festival tradisional hingga tradisi yang harus dijalankan oleh keluarga secara terus-menerus.

Sehingga, setiap dorama tentang budaya Jepang ini menawarkan pandangan yang unik dan memikat tentang kekayaan budaya Jepang. Dan sangat cocok banget ditonton kalian yang suka dengan tema budaya, atau yang sangat suka dengan budaya-budaya yang ada di Jepang.

Berikut ini beberapa rekomendasi dorama tentang budaya Jepang yang punya kisah unik serta budaya yang beragam. Bagi kalian yang penasaran, yuk, langsung saja dicek KLovers.

1. SANADAMARU (2016)

Rating 7.8 IMDB
Episode 45 episode
Durasi 50 menit
Tayang Prime Video
Pemain Sakai Masato, Oizumi Yo
Dorama tentang budaya Jepang yang pertama ada drama berjudul SANADAMARU. Dikisahkan, di tengah masa perang Sengoku yang keras, Ada sosok bernama Sanada Yukimura yang dilahirkan sebagai anak bangsawan dengan tanah yang terbatas di Shinsu.

Menghadapi kesulitan dan konflik, ia tumbuh menjadi prajurit samurai yang tangguh dengan keberanian dan kebijaksanaan yang luar biasa. Saat Pengepungan Osaka terjadi, Sanada membangun benteng kecil yang legendaris, “Sanada Maru,” di pinggiran Kastil Osaka.

Di sinilah kisahnya mencapai puncaknya saat benteng kecilnya berhasil menahan serangan besar-besaran dari pasukan Tokugawa Ieyasu, sebuah kisah kepahlawanan yang akan dikenang selamanya dalam sejarah Jepang. Hingga masuk dalam daftar dorama tentang budaya Jepang.

2. IZAKAYA BOTTAKURI (2018)

Rating 7.7 IMDB
Episode 11 episode
Durasi 23 menit
Tayang Netflix
Pemain Katayama Moemi, Takatsuki Sara
Kemudian, dorama tentang budaya Jepang yang kedua ada drama berjudul IZAKAYA BOTTAKURI. Drama ini sendiri akan memperlihatkan budaya sosial modern yang saat ini selalu dilakukan oleh sebagian masyarakat Jepang, di mana budaya minum bersama teman menjadi hal yang sering terjadi.

Drama ini berkisah sebuah bar bernama Bottakuri yang bukan hanya sekadar sebuah bar sederhana di pusat kota Tokyo yang sunyi. Namun, bar ini adalah tempat di mana dua saudara perempuan cantik, Mine dan Kaoru, mewarisi warisan orang tua mereka yang sudah meninggal.

Saat mereka menghadapi tantangan menjalankan bar tersebut, mereka akhirnya membentuk ikatan yang tak terduga dengan para pelanggan setia mereka. Berbagi momen hangat penuh kehangatan, tawa dan curahan cerita bijak sambil bersantap dan minum jadi point utama drama ini.

3. CURSED IN LOVE (2020)

Rating 7.4 IMDB
Episode 8 episode
Durasi 60 menit
Tayang Netflix, WeTV
Pamain Hamabe Minami, Yokohama Ryusei
Ingin nonton drama Jepang yang kental unsur budaya namun juga kental dengan kisah romansa? Maka drama CURSED IN LOVE wajib jadi pilihan. Dorama tentang budaya Jepang ini berkisah tentang Nao dan Takatsuki Tsubaki terjerat dalam spiral tragedi yang mengubah hidup mereka.

Ketika ayah Tsubaki tewas dalam keadaan misterius, tuduhan jatuh pada ibu Nao, memisahkan dua anak muda ini dengan kebencian yang membara. Ketika takdir mempertemukan mereka kembali setelah 15 tahun, Tsubaki tidak menyadari bahwa dia berhadapan dengan Nao.

Hingga, Tsubaki spontan melamar Nao walaupun keduanya terlibat dalam persaingan sengit di kompetisi kue Jepang, tempat di mana rahasia kelam keluarga mereka mulai terkuak. Di tengah tekanan, ikatan mereka tumbuh, membawa mereka pada penemuan mengejutkan tentang kebenaran yang tersembunyi di balik tragedi masa lalu.

4. STORY OF MY FAMILY!!! (2021)

Rating 7.5 IMDB
Episode 10 episode
Durasi 54 menit
Tayang Netflix
Pemain Nagase Tomoya, Toda Erika
Drama STORY OF MY FAMILY!!! menjadi dorama tentang budaya Jepang dengan genre slice of life yang seru untuk kalian ikuti. Dalam drama ini, kita dipandu melalui kisah penuh akan konflik antara Jusaburo, pegulat veteran yang sedang sakit, dan putranya, Juichi Miyama.

Ketika Jusaburo berjuang melawan penyakit mematikan dan ingin sang anak meneruskan karirnya, konflik muncul. Hingga, Jusaburo mengungkapkan untuk menikahi pengasuh muda. Melihat ini, Juichi kembali ke rumah dengan rencana licik untuk melawan ambisi ayahnya.

Dengan ketegangan yang semakin memuncak, dramatis dan seru, pertarungan internal keluarga Miyama berlangsung, mengungkap rahasia yang tersembunyi dan menyajikan pemandangan yang tak terduga tentang cinta, kesetiaan, dan ambisi.

5. EDO MOISELLE: REIWA DE KOI, ITASHINSU (2021)

Rating 6.2 IMDB
Episode 10 episode
Durasi 45 menit
Tayang –
Pamain Okada Yui, Hayama Shono, Yoshitani Ayako
Walaupun sedikit memperlihatkan budaya, namun drama EDO MOISELLE: REIWA DE KOI, ITASHINSU wajib masuk dalam daftar dorama tentang budaya Jepang. Drama ini berkisah tentang Shunsuke, seorang pekerja paruh waktu yang tak terduga di sebuah kafe warisan milik pamannya.

Namun, kehidupannya berubah secara drastis ketika seorang wanita misterius bernama Senka, yang terjebak dalam perjalanan melintasi waktu dari zaman Edo, tiba-tiba muncul di hadapannya. Ketika dia menyelidiki lebih jauh, Senka adalah seorang legendaris dari zaman Edo.

Sementara Senka beradaptasi dengan kehidupan di masa depan dan bekerja di kafe pamannya, Shunsuke terpesona oleh misteri di balik sosok wanita yang menarik ini. Bersama-sama, mereka memulai perjalanan yang menarik untuk mengungkap rahasia masa lalu Senka.

6. THE MAKANAI: COOKING FOR THE MAIKO HOUSE (2023)

Rating 7.9 IMDB
Episode 9 episode
Durasi 43 menit
Tayang Netflix
Pemain Mori Nana, Deguchi Natsuki
Drama THE MAKANAI: COOKING FOR THE MAIKO HOUSE berkisah tentang Kiyo dan Sumire, teman masa kecil dari Prefektur Aomori, menjalani petualangan ketika mereka pindah ke Kyoto untuk menjadi maiko. Meskipun awalnya diarahkan pada jalan yang sama, takdir mereka berbeda.

Saat Sumire sukses mempesona para pelatihnya, sementara Kiyo dihadapkan pada kegagalan yang memilukan. Namun, suatu hari bakat Kiyo dalam memasak terkuak. Dengan hati yang bersemangat, Kiyo memulai peran barunya sebagai juru masak di rumah maiko tersebut.

Ia berhasil menemukan kebahagiaan dan tujuan hidup yang baru. Dalam prosesnya, Kiyo belajar bahwa keberhasilan bukanlah tentang mengikuti jejak orang lain, tetapi tentang menemukan dan mengikuti panggilan hati dan kesukaan yang bisa kita lakukan.

7. SANCTUARY: SEIIKI (2023)

Rating 7.9 IMDB
Episode 8 episode
Durasi 52 menit
Tayang Netflix
Pemain Ichinose Wataru, Sometani Shota
Dorama tentang budaya Jepang yang terakhir ada drama berjudul SANCTUARY: SEIIKI. Dikisahkan Kiyoshi Oze, seorang pemberontak yang terjebak dalam kehidupan yang buntu, hingga menemukan panggilannya dalam dunia sumo yang penuh dengan tradisi dan rahasia.

Meskipun sumo dianggap sebagai simbol budaya Jepang, Oze menantang norma-norma yang ada dengan sikap sombongnya. Dalam perjalanan menuju puncak, Oze harus menghadapi tantangan yang berat dan mengatasi ketidakpercayaan dari senior-senior yang lebih berpengalaman.

Namun, dengan ketekunan dan semangat yang tak tergoyahkan, ia mulai memahami kebenaran yang dalam tentang sumo dan arti sejati dari disiplin dan dedikasi. Bersama-sama, mereka menemukan arti sejati dari perjuangan, ketabahan, dan penemuan diri dalam dunia yang penuh rahasia dan tradisi.

Itulah beberapa rekomendasi dorama tentang budaya Jepang yang bisa kalian tonton. Dengan beragam tema yang mencerminkan kekayaan budaya Jepang, dorama-dorama ini akan memberikan pengalaman yang mendalam dan memikat. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*